TREND MASA KINI DAN MASA KE DEPAN
16 Februari 2010
Trend masa kini terdiri dari:
1. Kompetitif
- Terjadi karena adanya kesenjangan antara suplay dan demand.
- Untuk memenangkan kompetitif diperlukan adanya:
b) Usaha
c) Strategi
d) Etika
2. Transparan
3. Spesialis
4. Professional
- Ciri dari trend ini:
b) Menghabiskan sebagian besar waktunya untuk pekerjaan yang dilakukan.
c) Tidak hanya memenuhi paket yang diberikan.
d) Memperoleh penghasilan dari pekerjaannya
5. Dinamis
- Selalu menemukan penemuan yang baru.
- Dalam menemukan penemuannya selalu dilakukan percobaan.
- Dengan penemuannya, dia dapat tumbuh dan selalu berubah.
Hal yang dibutuhkan di masa depan:
1. Pengetahuan atau wawasan global, yang bersifat:
- Konseptual yang integrative dan aplikatif.
- Orientasi pada solusi, inovasi, dan kreatif.
- Nilai-nilai universal (lintas budaya).
- Komunikasi multi budaya.
- Pemanfaatan teknik informasi.
- Pengembangan intelektual, emosional, serta adversity skill.
- Dinamis dan fleksibel
- Inisiatif dan proaktif
- Inovatif dan kreatif
- Mandiri
- Kegiatan belajar
KONSEP DASAR PROFESI KEPENDIDIKAN
2 Maret 2010
Konsep dasar:
Profesi: keahlianProfessional:
- Setiap orang yang dapat mengerjakan suatu pekerjaan dengan baik, dan dapat memuaskan orang lain.
- Melakukan sesuatu sebagai pekerjaan pokok dan bukan sekedar mengisi waktu luang.
- Pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber kehidupan.
- Merujuk pada suatu pekerjaan yang dilakukan oleh pelaku atas dasar suatu janji public dan sumpah bahwa mereka akan menjalankan tugasnya.
- Sikap dari seorang professional.
- Sebuah pandangan untuk selalu berpikir, bersikap, bekerja dengan sungguh-sungguh, kerja keras, sepenuh waktu, loyalitas tinggi dan penuh dengan dedikasi untuk menyelesaikan pekerjaan.
- Melaksanakan pekerjaan secara purna waktu (full time).
- Didasarkan pangilan hidup, terikat norma dan aturan.
- Memiliki derajat otonomi tinggi.
- Melakukan pengembangan diri secara terus menerus.
- Memiliki koe etik.
- Melibatkan kegiatan intelektual.
- Menekuni suatu ilmu tertentu.
- Didahului persiapan yang lama (pendidikan formal).
- Memerlukan pelatihan jabatan.
- Mejanjikan karir permanen bagi pemegangnya.
- Memiliki standar baku tersendiri.
- Mementingkan layanan pada masyarakat.
- Memiliki organisasi profesi.
1. Tenaga pendidikan.
- Anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan.
- Berugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan.
- Pendidik: tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat.
- Pengelolaan satuan pendidikan.
- Pengertian: norma-norma yang harus ditaati.
- Tujuan:
@ Menjaga dan memelihara.
@ Kesejahteraan para anggota.
@ Meningkatkan pengabdain para anggota profesi.
@ Meningkatakan harga diri suatu organisasi profesi.
- Sasaran sikap profesional:
@ Organisasi profesi
@ Teman sejawat.
@ Anak didik.
@ Tempat kerja.
@ Pemimpin.
@ Pekerjaan.
MANAJEMEN MUTU BERBASIS SEKOLAH ATAU MADRASAH.
Latar belakang.
- Pendidikan menghadapai masyarakat yang berubah.
- Perubahan sosial-politik dan aspirasi masyarakat.
- Perubahan pemerintah.
- UU sisdiknas.
Bentuk otonomi manajemen pendidikan, kewenangan kepada kepala sekolah atau madrasah dan guru dibantu oleh komite sekolah atau madarasah dalam mengelola kegiatan pendidikan.
Tujuan Manajemen Mutu Berbasis Sekolah atau Madrasah.
- Mencapai mutu dan relevansi, dengan tolak ukur pada hasil (output dan outcome).
- Mejamin keadilan layanan pendidikan bagi setiap anak.
- Meningkatkan efektifitas dan efisiensi.
- Meningkatkan akuntabilitas semolah dan komitmen “stake-holders”.
- Pemberian kewenangan kepala sekolah atau madrasah untuk mengambil keputusan mengenai pengelolaan pendidikan di sekolah atau medrasah yang bersangkutan.
- Penerima kewenangan bukan kepada manajemen mutu berbasis sekolah atau madrasah.
- Pengambilan kewenangan dan kepemimpinan bersifat partisipatif dan demokratis.
- Konsep mutu.
- Absolute.
- Standar.
- Kepuasan pelanggan atau pengguna jasa pendidikan.
- Konsep mutu.
- Peningkatan mutu secara berkelanjutan.
- Kepuasan pengguna jasa pendidikan.
- Ada visi, misi, bench-mark (pembanding).
- Akuntabilitas kepada semua stake-holders.
0 komentar:
Posting Komentar